Jakarta, Membuka bisnis online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis offline, menurut pandangan penulis salah satu alasannya untuk bisnis online ini akan lebih menjanjikan apabila reputasi dalam didunia online dan banyak faktor untuk mendukung agar reputasinya bagus yakni dari segi pandangan google rank, alexa rank, atau rank-rank yang lainnya, tidak berbeda dengan bisnis offline akan menjanjikan apabila reputasinya bagus, yakni dengan banyaknya pengunjung dan atau banyaknya penjualan, yang pada intinya user atau pembeli akan balik lagi apabila service yang diberikan memuaskan.
Bisnis online saat ini tengah menjamur dimasyarakat Indonesia, begitu pesat e-commerce bermunculan dengan tujuan ingin meraup sejumlah untung hanya dengan segenggam gadget baik itu komputer, laptop, atau smartphone saja, siapa yang tidak mau dengan model bisnis seperti ini?
Salah satu orang sukses yang kini tengah berjalan di pangsa bisnis online adalah Achmad Zaky, saya sebu disini Pak Zaky, sebagai CEO dari bukalapak.com. Suksesnya beliau tidak terlepas dari orang-orang yang telah menanamkan kepercayaan terhadap bukalapak.com untuk menggunakan fitur-fitur yang ada didalamnya.
Tidak asal apa yang diterapkan oleh Pak Zaky, beliau memiliki strategi-strategi dan motivasi untuk mendorong terus semangat dalam menjalakan bisnisnya, disini penulis akan coba rangkum dari beberapa sumber.
Achmad Zaky, founder of Bukalapak.com
Dalam salah satu sumber dipaparkan Pak Zaky juga pernah merasakan pesimis ketika akan memulai merintis, karena beliau tidak memiliki investasi sama sekali, namun beliau yakni suatu hari nanti bisnis online akan merebak.
“Rasa pesimis pasti dirasakan oleh setiap penjual di masa awal bisnis. Ketika awal merintis e-commerce pun, saya juga merasa demikian. Saat itu, saya tidak memiliki investasi sama sekali. Namun, saya yakin bahwa suatu hari bisnis online akan merebak. Semua orang tanpa terkecuali suatu hari nanti akan go online. Teknologi internet adalah sesuatu yang tidak terelakkan. Kini, terbukti bahwa e-commerce yang saya rintis berkembang pesat, seturut perkembangan bisnis online, ” demikian menurut Pak Zaky.
Berikut beberapa strategi dan motivasi dari Pak Zaky.
1. Berbisnis online harus berani menantang arus tidak boleh takut merasa berbeda atau merasa ragu karena yang dilakukan tidak banyak orang melakukan. Poin terpenting dalam bisnis online adalah berfikir secara benar, meskipun mungkin pemikiran tersebut bertentangan dengan pemikiran umum.
2. Berbisnis "Jalan Tol". Pak Zaky mengungkapkan bahwa toko online sebagai sarana untuk bisnis online ini harus diupyakan agar banyak pembeli yang mampir ke toko online, diawal bisnis jangan berfikir pada prioritas profitnya.
“Ibarat sebuah jalan tol, upayakan agar banyak pembeli “mampir” ke toko online. Jangan memprioritaskan besarnya profit di masa-masa awal bisnis. Fokuskan bagaimana caranya mengumpulkan pembeli agar mau bertransaksi atau membeli di toko online. Sama seperti jalan tol, berikan pengalaman bertransaksi yang ‘bebas hambatan’ kepada pembeli,“ kata Pak Zaky.
3. Social media seperti facebook dan twitter ini penting untuk mendukung bisnis online berkembang, yakni bisa dengan memanfaatkan fitur pesan yang dimiliki dari social media tersebut.
“Undanglah sebanyak-banyaknya calon pembeli melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Sebarluaskanlah nama toko online melalui media-media tersebut. Dari seribu orang yang dikirimi pesan melalui kotak masuk Facebook, sedikitnya sepuluh calon pembeli pasti berkunjung ke toko online penjual. Lakukan segala jenis upaya untuk mendapatkan banyak calon pembeli di masa-masa awal bisnis online,” papar Pak Zaky.
Pemaparan-pemaparan yang diungkapkan Pak Zaky diatas mudah2an bisa memotivasi para pembisnis online yang lainnya untuk memajukan tambah meramaikan pangsa toko online di Indonesia.
+ komentar + 1 komentar
gbbbvf
Posting Komentar